Step By Step “How To Make *.exe File From *.py??”

leave a comment »

Assalamualaikum teman-teman, salam Open Source

ketemu lagi neh, hehehehe. Kali ini saya menulis dikarenakan ada sebuah pertanyaan dari seorang teman “Gimana cara bikin file exe dari file Python?”, kalo secara logika sih pasti bisa, secara banyak user menggunakan Windows (sehinnga membutuhkan yang namanya file *.exe), dan kali ini saya mencobanya di Wedusku :p

Biar gak banyak cocod, langsung aja yak πŸ˜€

  1. Mampir dulu tuh ke web py2exenya DISINI, cari tulisan Download py2exe from Sourceforge
  2. Kalo udah, nah pilih tuh di direktori mana, SESUAIKAN DENGAN INSTALLASI PYTHON ANDA, BEDA VERSI PYTHON BEDA VERSI PY2XENYA πŸ™‚
  3. Kalo saya memakai versi 2.6, DLnya DISINI ya
  4. Kalo udah seperti biasa di wedus, Just click click click and click, doi langsung autodetect sama versi python kita, penampakannya gini nih
  5. Nah kalo udah, proses installasinya beres deh, sekarang tinggal membuat file *.pynya
  6. Buat sample, coba ketik ini nih
  7. saya menyimpannya dengan nama file kiw.py
  8. Setelah itu, kita buat file setup.pynya buat jadi converter (FYI, saya menyimpan file *.py ini di dalam direktori saya menginstall si uler yang satu ini)
  9. nama file yang saya lingkari dengan bulatan hijau harus sama dengan nama file py yang anda buat (saya membuat dengan nama kiw.py)
  10. Saya sudah mencoba menggunakan “*.py” di bagian setup.py, namun tidak berhasil. Unfortunatelly, tidak berhasil, dengan kata lain setiap saya convert harus mengganti file name di setup.py 😦
  11. And the next is……THE TESTER πŸ˜€
  12. coba dijalanin tuh filenya
  13. Nah kalo udah, mari kita ekesekusi si converter πŸ˜€
  14. Kalo udah , running prosesnya koyo iki loh masbro πŸ˜€
  15. Nah, kalo berhasil nanti ada 2 folder, file exenya ada di folder dlist
  16. Kalo udah, bisa di cek, jadinya gini
  17. Begini nih final stepnya masbro πŸ˜€

Wah, gak terasa, alhamdulillah selesai, sekian ilmu saya yang sedikit dan masih culu ini, semoga membantu πŸ˜€

Terima kasih kepada Allah SWT. yang selalu memberkahi saya dengan ilmu yang bermanfaat dan juga kepada sumber, dan juga ilmu-ilmu yang saya dapatkan selama ini, terutama Open Source

Untuk masalah di setup.py jika ada yang bisa mambantu bisa langsung di komen ya, thx

Wassalam

Best Regard – soyjoy23
Still missing my old Mavee which crash in boot loader 😦

SUMBER

Written by soyjoy23

06/03/2011 at 05:39

Posted in Python, Software

Tagged with , ,

Leave a Reply

