Cara mengatasi GUI Smart pada Ubuntu yang Stuck

leave a comment »

Assalamualikum teman-teman, salam Open Source. Kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan saya tentang bagaimana cara mengatasi GUI Smart yang stuck. Mungkin pada saat stuck seperti ini kita menemukan banyak masalah, antara lain :

  1. tidak bisa di remove dari Ubuntu Software Center
  2. tidak bisa di remove dari Synaptic Manager
  3. tidak bisa install package apapun

Sepertinya menyedihkan sekali? MEMANG. Saya pernah mengalami hal itu, tadinya sih pengen banget ada GUInya biar gampang. Kalo make Wvdial kan di terminal, hehehe. Saya stress setengah mati karena waktu itu ada tugas kampus yang mengharuskan saya meninstall Scilab di Mavee saya (Ubuntu 10.10), jadilah kalang kabut bukan main. Tapi saya bersama 2 orang teman (andre dan vens “kentank”) obrak-abrik nyari solusinya. Alhamdulillah ketemu gan 😀

Langsunglah kita praktekkan sambil membaca dari si sumber, hehehe. Caranya mudah sekali teman-teman.

  1. ketik gksudo gedit /var/lib/dpkg/status di terminal
  2. cari dengan keyword ztemtevdo
  3. hapus package information smart tadi secara keseluruhan (yang ada hubungannya sama ztemtevdo)
  4. lalu di save
  5. Selesai deh.

Maka kembalilah keadaan seperti semula \y/
Tips untuk menggunakan GUI Smart, jangan asal cabut-colok modemnya pada saat internet terkoneksi, biasanya masalahnya disitu. Jadi alangkah baiknya close dulu GUInya, close koneksi Wvdialnya. Jadi deh, AMAN. Sekian sedikit pengetahuan saya ini, mudah-mudahan bisa membantu teman-teman sekali. Salam Open Source

soyjoy23

SUMBER

Written by soyjoy23

27/05/2011 at 15:27

Posted in Linux, Software

Tagged with , ,

Leave a Reply

